PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGRAJIN GULA SEMUT (NIRA AREN) DI NGLINGGO BARAT, PAGERHARJO, K

Senin, 20 Maret 2017 07:55:28 - Oleh : Bid. Perindustrian

Aktifitas Pelatihan Gula Semut

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengrajin Batik

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 12 Oktober 2017

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 9 Oktober 2017

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 5 Oktober 2017

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 2 Oktober 2017

Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo melalui Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Usaha Industri Berbasia Agro, Makanan dan Minuman melaksanakan pelatihan peningkatan ketrampilan pengrajin gula semut berbahan baku dari nira aren, Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 17 Maret 2017 di Kelompok “Sari Aren” tepatnya di sekretaris kelompok Sari Aren yang beralamat di Nglinggo barat, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo, Dra. Niken Probo Laras, S.Sos.M.H, dan dihadiri oleh Camat Samigaluh, Kepala Desa Pagerharjo, Kepala Dusun Nglinggo Barat. Dalam kesempatan itu ibu Kepala Dinas Perdagangan Ibu Dra. Niken Probo laras, S.Sos, M.H memberikan semangat dengan pernyataan,“Bahwa segala sesuatu yang besar, dimulai dari yang kecil. Semua yang diawali dengan niat walaupun kelihatannya tidak mungkin bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Pelatihan peningkatan ketrampilan pengrajin gula semut nira aren ini menjadikan masyarakat Nglinggo, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh dengan tujuan agar  para pengrajin dapat memanfaatkan peluang dengan dibangunnya Bandara Internasional di Kulon Progo dan ditetapkannya Kawasan Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional serta Pembangunan Bedah Menoreh.

Pelatihan ini disamping mengenalkan cara pembuatan gula semut dari nira aren juga dipraktekkan pengembangan produk gula semut aren sebagai bahan baku produk kombinasi minuman instan dengan berbagai rasa (jahe, kunir dan kencur). Pada kesempatan tersebut juga dicoba membuat formula kombinasi antara gula semut nira aren dengan kopi.

Penyelenggaraan pelatihan ini dapat berjalan dengan baik karena mendapat dukungan sepenuhnya dari Saudara Sutriyana, ketua KUB Tiwi Manunggal, Tegiri, Hargowilis, Kokap, beliau selain sebagai instruktur juga akan berkontribusi terhadap keberlangsungan-keberlangsungan produk gula semut gula aren.

« Kembali | Kirim | Versi cetak