IKM BATIK FARRAS JUARA 1 LOMBA MEMBATIK 2019

Batik Farras Kulon Progo menjadi Juara 1 Lomba Membatik Motif Ikan dalam rangka Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Keamanan Hasil dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2019. Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2019 dilaksanakan serentak di Pusat BKIPM dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) KIPM seluruh Indonesia mulai 23 Juni hingga 23 Juli 2019 yang lalu.

“Bulan Bakti Karantina dan Mutu adalah bentuk public awareness BKIPM dalam rangka meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan fungsi perkarantinaan, pengendalian mutu, dan keamanan hasil perikanan, serta keamanan hayati ikan,” ungkap Kepala BKIPM, Rina.

Rina mengakui, meningkatnya impor komoditas perikanan, baik yang hidup maupun ikan mati, membuka peluang bagi masuknya jenis-jenis penyakit ikan berbahaya yang dapat mengganggu dan merugikan usaha budidaya di Indonesia.

Di samping itu beragamnya penggemar ikan terhadap jenis-jenis ikan yang cenderung invasif, membuka peluang bagi importir dan pelaku usaha untuk mendatangkan dan melalulintaskan jenis-jenis yang dilarang karena sifat keinvasifannya.

“Penyelenggaraan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan terbukti mampu memberikan dampak positif bagi tumbuhnya kesadaran dan pemahaman masyarakat atas isu kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan,” tuturnya

Selamat untuk Batik Farras atas raihan prestasi tersebut, semoga bisa menjadi motifasi untuk menghasilkan produk-produk batik Kulon Progo yang lebih baik dan berkualitas.

Sumber : Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Foto : IG Batikfarras