HARI BATIK NASIONAL

Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan ini terjadi ketika batik memperoleh pengakuan dunia pada tahun 2009 dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Organisasi ini menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda atau intangible cultural heritage. 

Menurut UNESCO, batik dinilai sebagai ikon budaya yang memiliki keunikan dan filosofi mendalam, serta mencakup siklus kehidupan manusia. Saat itu, setelah UNESCO resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda. Presiden SBY meminta seluruh masyarakat Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 mengenakan batik. Sebelum batik, UNESCO telah menyatakan wayang dan keris sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

Kabupaten Kulon Progo memiliki 70 an IKM yang bergerak dibidang kerajinan Batik, hal ini terus didorong Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo untuk terus mengembangan batik dan berinovasi dalam pengembangan industri kreatif khususnya industri kerajinan Batik. Seperti diketahui, Kabupaten Kulon Progo memiliki batik khas yang dikenal dengan Batik Geblek Renteng. Batik Geblek Renteng ini akan terus dikembangkan sebagai bagian dari produk unggulan daerah Kabupaten Kulon Progo.

SELAMAT HARI BATIK NASIONAL