DINAS PERDAGANGAN SELENGGARAKAN PELATIHAN PEMANFAATAN BAHAN BAKU LOKAL DI KLEPU, HARGOWILIS, KOKAP

Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Perindustrian, Seksi Industri Agro Makanan dan Minuman menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan bahan baku lokal (minuman tradisional). Pelatihan ini diselenggarakan di Dusun Klepu, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, diikuti oleh anggota KUB UMEGA (kelompok usaha bersama usaha meningkatkan ekonomi keluarga) yang diketuai ibu Pariyem.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tanggal 16 - 18 oktober 2019, dengan narasumber pelaku usaha yang sudah lama berkecimpung di industri minuman tradisional ibu Siti Rupingah. Tujuan kegiatan ini, diharapkan peserta mampu mengembangkan kemampuan untuk dapat mengolah potensi bahan baku lokal yang ada di sekitar wilayah Klepu yaitu empon-empon (jahe, secang, kunyit, kencur, dll) sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai ekonomis, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga, serta juga meningkatkan pemberdayaan warga sekitar.

Materi praktek antara lain wedang uwuh kristal, sirup wedang uwuh, kunyit asam kristal dan segar, beras kencur krital dan segar, dll. Selain materi praktek, juga diberikan materi tentang kewirausahaan, kelembagaan kelompok, pemasaran dan analisa usaha minuman tradisional. Acara dibuka oleh kepala bidang Perindustrian Drs. Dewantoro, MM. Pada hari kedua pelatihan, ibu Kepala dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo Iffah Mufidati, SH, MM berkenan hadir memberikan motivasi dan arahan untuk pengembangan kelompok. (AYW/2019)